Hasil belajar siswa ditemukan masih rendah di Kelas VII-A. Hanya 7 dari 25 siswa yang mendapat skor 70 atau lebih tinggi, dan 18 siswa lainnya tidak berhasil menerima skor 69 atau lebih tinggi. Hal ini disebabkan guru tidak menggunakan metode atau strategi yang dapat membantu siswa menjadi lebih kreatif, tidak memberikan instruksi yang jelas tentang cara menggambar tumbuhan, hewan, dan benda, dan banyak siswa yang terus bermain sendiri sambil belajar. Pada saat menjawab pertanyaan tentang menggambar flora, fauna, dan benda alam, perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui demonstrasi guna mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siswa di Kelas VII-A adalah subjek. Dalam hal memanfaatkan pertunjukan untuk lebih mengembangkan hasil belajarnya pada mata pelajaran Menggambar tumbuhan hijau, fauna, dan benda-benda biasa, ditemukan bahwa siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tulungagung memenuhi standar prestasi yang baik. Persentase siswa yang mencapai hasil belajar berdasarkan nilai postes yang lebih tinggi dari KKM meningkat masing-masing sebesar 68,0% dan 88,0% pada siklus I dan II. Ini dalah bukti jika siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tulungagung dapat memperoleh manfaat dari pembelajaran berbasis demonstrasi dalam menggambar flora, fauna, dan benda-benda alam, menurut temuan penelitian ini. Hal ini juga dapat membantu mereka dalam menyelesaikan masalah ketika harus menggambar tumbuhan, hewan, dan objek alam lainnya.
Copyrights © 2023