Jurnal SALMAN : Sosial dan Manajemen


Manajemen Pemasaran Berbasis Etika Bisnis Syariah

Zainuddin Nur (Universitas Muslim Nusantara)
Muhammad Hilman Fikri (Universitas Muslim Nusantara)
Adrial Falahi (Universitas Muslim Nusantara)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana konsep dan pelaksanaan etika bisnis syariah. Peneliti melakukan analisis deskriptif berdasarkan kajian kepustakaan. Berdasarkan literatur kepustakaan itu diketahui bahwa dalam menjalankan bisnisnya, para pelaku usaha ada yang belum memahami dan belum mengimplementasikan prinsip dan nilai-nilai Islam dengan berlandaskan pada Al Qur’an dan Hadits, namun ada juga yang sudah.  Hal-hal yang harus melandasi pemasaran syariah adalah 1) Bisnis harus menjadi kegiatan ekonomi yang berniali ibadah kepada tuhan Yang Maha Esa Allah Swt; 2) Promosi produk harus apa adanya; 3) Bersaing secara sehat; 4) Tidak memanipulasi dalam menawarkan produk; 5) Bersikap adil dalam bisnis; 6) Rendah  hati, ramah dalam melayani konsumen; 7) Menepati janji dalam transaksi; 8) Jujur; 9) Amanah, 10) tidak mudah berburuk sangka; 11) Tidak melakukan suap menyuap. Perwujudan etika bisnis ini meliputi empat aspek, : prinsip, manajemen, marketing, produk, pelayanan dan harga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

salman

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal SALMAN (Sosial dan Manajemen), published by The fisarrearch, Medan, North Sumatra, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Management Sciences, includes the results of scientific research original, Jurnal Salman (Sosial dan Manajemen) accepts manuscripts in the ...