Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan ILS Go-Labs dalam pembelajaran kolaboratif guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan ( library research ) yang menggunakan data sekunder dari berbagai sumber yang kemudian dianalisis secara berulang hingga data terpenuhi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pengembangan e-bookdengan menggunakan Go-Lab sebagai media pendukung dalam pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan semangat dan keingintahuan siswa. Penelitaian yang dilakukan oleh Durriyatut Tayyibah dan Fida Rachmadiarti pada tahun 2022 yang dibuka melalui jurnal BioEdu ini mendapatkan hasil yang sangat valid dengan skor teoritis 98,92% masuk dalam kategori sangat positif dan layak serta dapat melatih keterampilan literasi sains dengan skor 99,27% dengan kategori sangat positif dan layak Penerapan pembelajaran kolaboratif dalam pelajaran fisika juga efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini dapat dilihat dari penelitian Inas Amania yang mendapatkan hasil nilai rata-rata laporan praktikum siswa, yang nilainya sudah mencapai . Tentunya hal ini memberikan pengaruh positif terhadap siswa.
Copyrights © 2023