Visual Communication Design
Vol 4, No 1 (2015)

PERANCANGAN KOMIK EDUKASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK MURID SD UMUR 9-12 TAHUN DI INDONESIA

Sutrisna, Caesar Esaputra ( Institut Teknologi Bandung)
Mansoor, Alvanov Zpalanzani ( Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2015

Abstract

AbstrakIndonesia adalah negara yang rawan terhadap bahaya bencana alam, Bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia adalah bencana alam gempa bumi. Masyarakat Indonesia termasuk rentan terhadap bahaya bencana alam gempa bumi, sehingga diperlukan edukasi mengenai bencana alam tersebut. Anak-anak, terutama, seringkali berada dalam posisi paling rentan ketika terjadi bencana alam. Walaupun begitu, anak-anak dapat berperan aktif dalam mitigasi bencana, dan dapat menjadi target sasaran yang tepat untuk edukasi bencana. Komik adalah salah satu jenis media yang dapat digunakan untuk pembelajaran, dan komik edukasi sudah digunakan dalam edukasi bencana baik melalui materi edukasi terbitan lembaga pemerintah maupun pihak lembaga mitigasi bencana. Komik edukasi dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan menarik, sehingga cocok digunakan untuk media pembelajaran. Namun, media pembelajaran yang ada belum mencukupi, dan dari media yang sudah diterbitkan, hanya sedikit yang ditujukan untuk anak-anak, sehingga adanya komik edukasi bencana gempa bumi yang ditujukan untuk anak-anak dapat meningkatkan ketahanan anak-anak Indonesia terhadap gempa bumi. Perancangan komik edukasi ini perlu menggunakan teori-teori mengenai pembuatan komik, layout, desain karakter, serta psikologi anak, agar komik dapat mencapai target sasaran dengan baik..Kata Kunci : komik edukasi, mitigasi bencana, indonesia, gempa bumi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

VISCOM

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Visual Communication Design section of ITB Undergraduate Journal of Visual Art and Design welcomes orginal articles exploring creative works and/or research in the area of visual communication and multimedia. It focuses, but not limited to, any creative ideas and pratical knowledge as results ...