Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP)
Vol 3, No 1 (2023)

Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Permainan Ular Tangga Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Peserta Didik

Yantiah Yantiah (Unknown)
Noor Hujjatusnaini (Unknown)
Mukhlis Rohmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran yang digunakan dengan media permainan ular. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes dalam penelitian ini meliputi soal prates, pascates, dan soal keterampilan proses ilmiah. Teknik purposive sampling diadopsi, dengan VIII-11 sebagai kelompok eksperimen dan VIII-8 sebagai kelompok kontrol, dan sampel diambil untuk penelitian. Hasil keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar dapat dilihat pada perbedaan skor sebelum dan sesudah perlakuan. Rata-rata skor ketrampilan proses sains kelas eksperimen adalah 42,39, kelompok kontrol adalah 38,59, dan rata-rata level kelas eksperimen. Setelah pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan media permainan ular belajarnya mengalami peningkatan, dan rata-rata setelah di tes adalah 79,92. Pada kelompok kontrol, rata-rata pre-test hasil belajar peserta didik sebelum pelaksanaan pembelajaran adalah 65,39. Kemudian setelah diterapkan model pembelajaran yang tidak menggunakan media permainan ular tangga, pengalaman belajarnya meningkat, dengan rata-rata pasca pengukuran 73,83. Berdasarkan hasil keterampilan pengolahan data science diperoleh nilai fhitung 5,785. Hal ini menunjukkan bahwa fhitung lebih besar dari ftabel (5.785> 4.00), kemudian menerima Ha dan menolak Ho (5.785> 4.00). Hasil data uji-t dengan menggunakan dua sampel independen menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery menggunakan media permainan ular dan trapesium memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengaruh belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa fhitung lebih besar dari ftabel (12.873> 4.00), kemudian menerima Ha dan menolak Ho (12.873> 4.00). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery menggunakan media permainan ular tangga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics Other

Description

The Journal publishes scientific articles in Indonesian language which are the research results in the field of Biology, (Ecology, Microbiology, Zoology, Botany, Systematics, Molecular, Bioinformatics), Physics (Material physics, Instrumentation, Astrophysics, Computing), Biology Education, Physical ...