Masih banyak guru yang belum mampu mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien khususnya pada pelajaran biologi. Oleh karena itu dilakukan analisis artikel dari penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dianalisis pada penelitian ini menggunakan media buku saku berbasis Mind Map. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui jenis penelitian yang terkait dengan media pembelajaran biologi; (2) mengembangkan buku saku berbasis Mind Map; (3) mengetahui kelayakan dan efektivitas buku saku berbasis Mind Map. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis.Hasil penelitian menunjukkan: (1) jenis penelitian yang terkait dengan media pembelajaran biologi antara lain kualitatif deskriptif dengan metode survei,R & D; (2) Pengembangan buku saku berbasis Mind Map praktis digunakan bagi peserta didik dan guru; (3) penggunaan buku saku berbasis Mind Map mampu mengembangkan kecerdasan majemuk tetapi kurang efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan untuk penelitian berikutnya sebaiknya: (1) penelitian media pembelajaran dikembangkan dengan kualitatif deskriptif dengan metode survei lebih lengkap dan lebih baik untuk dilakukan; (2) implementasi media pembelajaran terbaik diperoleh pada penelitian pada tingkat pendidikan SMA di Jakarta dengan metode survei; (3) buku saku berbasis Mind Map dapat dikembangkan dalam bentuk daring atau berbasis android agar lebih efektif dan mudah diakses oleh peserta didik.
Copyrights © 2023