Penelitian Tindakan Kelas atau PTK ini merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog Descriptive sederhana yang berterima literary bagi siswa kelas VIIB di MTs Negeri Tembelang Kabupaten Jombang. Pelaksanaan ini menggunakan tiga siklus. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan angket. Penelitian ini bertujuan menerapkan sistem ICARE melalui lima tahapan yaitu, Introduce, Connect, Apply , Reflect dan Extend kriteria penilaian meliputi permahaman kosa kata, pengucapan, kelancaran dan ketepatan menggunakan struktur kalimat. Hasil analisis data yang diperoleh pengamatan dan angket siswa secara kualitatif dan secara kuantitaif diperoleh dari dokumen penilaian proses pembelajaran dan secara individu. Penggunaan sistem I CARE, dapat meningkatkan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive lisan sederhana yang berterima denganpeningkatan sebagai berikut: peningkatan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive sederhana, peningkatan kemampuan siswa di dalam menggunakan bahasa Inggris lisan yang beterima dengan pengucapan yang relatif tepat, pada umumnya lancar dan menggunakan struktur kalimat yang tepat, peningkatan keberanian siswa dalam mengungkapkan monolog descriptive sederhana.
Copyrights © 2023