Tujuan: Guna mendapatkan hasil pembelajaran yang berkualitas, guru dituntut untuk meningkatkan keterampilan/skill dalam proses pembelajaran. Usaha yang terkait dengan hal tersebut adalah pemakaian media pembelajaran. Pemakaian media pada saat kegiatan pembelajaran bermuara demi memperbaiki kualitas proses pembelajaran, sehingga berpengaruh positif juga kepada hasil belajar siswa. Metode: Penelitian ini menggunakan tiga putaran penelitian tindakan. Objek penelitian yaitu siswa Kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Kota Serang TP 2019/2020. Hasil yang didapat kemudian dianalisis tingkat keberhasilan guru dalam mengajar juga tingkat keberhasilan siswa dalam setiap putaran. Hasil: Hasilnya menunjukkan bahwa hasil pembelajaran meningkat dari putaran I (69,4%) menjadi 77,7% pada putaran II, dan selanjutnya menjadi 88,8% pada putaran III. Simpulan penelitian ini yaitu metode penelitian ini berdampak baik pada motivasi serta prestasi belajar siswa dan metode ini dapat dijadikan sebagai pilihan metode dalam mengajar Pendidikan Kewarganegaraan. Kesimpulan: berdampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada materi Pancasia sebagai Idiologi Terbuka yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus
Copyrights © 2023