Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Impresi Indonesia

Penerapan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Metode Inquiry Guna Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Pkn

Dewatiari Dewatiari (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Serang, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2023

Abstract

Tujuan: Guna mendapatkan hasil pembelajaran yang berkualitas, guru dituntut untuk meningkatkan keterampilan/skill dalam proses pembelajaran. Usaha yang terkait dengan hal tersebut adalah pemakaian media pembelajaran. Pemakaian media pada saat kegiatan pembelajaran bermuara demi memperbaiki kualitas proses pembelajaran, sehingga berpengaruh positif juga kepada hasil belajar siswa. Metode: Penelitian ini menggunakan tiga putaran penelitian tindakan. Objek penelitian yaitu siswa Kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Kota Serang TP 2019/2020. Hasil yang didapat kemudian dianalisis tingkat keberhasilan guru dalam mengajar juga tingkat keberhasilan siswa dalam setiap putaran. Hasil: Hasilnya menunjukkan bahwa hasil pembelajaran meningkat dari putaran I (69,4%) menjadi 77,7% pada putaran II, dan selanjutnya menjadi 88,8% pada putaran III. Simpulan penelitian ini yaitu metode penelitian ini berdampak baik pada motivasi serta prestasi belajar siswa dan metode ini dapat dijadikan sebagai pilihan metode dalam mengajar Pendidikan Kewarganegaraan. Kesimpulan: berdampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada materi Pancasia sebagai Idiologi Terbuka yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...