Kegiatan menghafal dengan menggunakan metode hafalan merupakan suatu cara membaca, melafalkan tanpa melihat Al-Qur’an atau buku catatan ataupun buku paket yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Dalam kegiatan hafalan ini sering digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menghafalkan ayat-ayat atau surah-surah yang ada dalam Al-Qur’an. Faktor yang mempengaruhi adalah materi pengajaran, tujuan pembelajaran serta kelebihan dan kekurangan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa DTA Kampung Tegal Heas Purwakarta menerapkan pendampingan kegiatan hafalan dengan persiapan guru dalam mendamping kegiatan metode hafalan, kesiapan siswa dalam menghafal surah-surah pendek, kemampuan siswa dalam menghafal surah-surah pendek, dan mengembangkan akhlak pada siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu siswa yang meliputi minat, motivasi dan kematangannya, materi pengajaran, situasi, fasilitas, guru, keluarga, dan alokasi waktu.
Copyrights © 2023