Meskipun memegang peranan penting dalam perekonomian di Indonesia, kondisi UMKM secara agregat terbilang masih lemah dalam pengelolaan manajemen. Gyoza yang pada awalnya disediakan oleh restoran yang proper diadopsi untuk dijalankan dalam bentuk bisnis street food. pengembangan produk baru selain harus mempertimbangkan keputusan teknis terkait produksi, sangat penting pula untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan atau. Voice of The Customers (VoC) menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan dalam pengembangan produk menggunakan model Quality Function Deployment (QFD). Penelitian ini menggunakan metode House of Quality yang mana merupakan alat dari QFD dalam mengembangkan sebuah produk. HOQ dikombinasikan dengan VoC sehingga dapat menerjemahkan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen. Proses pembentukan VoC menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil dari penelitian ini adalah harga bahan baku dan biaya proses produksi menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan produk baru karena untuk bisa memiliki keunggulan kompetitif UMKM Street Food gyoza harus mempunyai harga yang bersaing.
Copyrights © 2023