Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia
Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia

Penerapan Metode Pemberian Tugas Terstruktur Prapembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat IML (Studi Pada Kelas XII di SMK Negeri 1 Rejang Lebong)

Ansori, Ansori (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mempelajari serta mengungkapkan kasus-kasus yang timbul didalam proses pembelajaran, agar nantinya diperoleh suatu gambaran atau informasi tentang apa yang melatar belakangi penyebab rendahnya motivasi siswa siswa kelas XII teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Rejang Lebong dalam proses pembelajaran pada mata diklat instalasi motor listrik. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan (Action Research) yang mengambil lokasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Rejang Lebong yang terdiri dari tiga siklus dalam rentang waktu bulan agustus sampai dengan oktober 2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Teknik instalasi tenaga listrik yang berjumlah 32 orang. Hasil dari peneliitian menunjukkan dengan pemberian tugas terstruktur pra pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini ditandai dengan meningkatnya aktifitas positif pada siswa yang pada akhirnya nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan atau hampir 100% hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi motor listrik ini tuntas dengan rata-rata peningkatan pada siklus I 72,65%, siklus II 86,76% dan siklus III 87, 50%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPVR

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia (JVPR) difokuskan untuk penelitian dan studi ilmiah di bidang pendidikan, khususnya di bidang pendidikan vokasi. JPVR menerima semua artikel yang berkaitan dengan pendidikan, dan akan di-review oleh mitra bestari dengan kompetensi yang sesuai dengan artikel yang ...