Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (April)

Implementasi TPACK Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Pai di SMKN 5 dan MAN 2 Mataram

Rizal, Saiful (Unknown)
Yakin, Nurul (Unknown)
Saparudin, Saparudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan dibidang teknologi. Kemajuan di bidang tehnologi ini bisa dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan belajar dan kualitas pembelajaran yang bisa dilakukan oleh seorang guru. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, seorang guru perlu memahami dan mimiliki kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). TPACK merupakan perpaduan tiga komponen dasar yaitu: Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK) dan Content Knowledge (CK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru PAI di SMKN 5 dan MAN 2 Mataram dalam aspek penerapan TPACK. Sedangkan penelitian ini berfokus pada persoalan bagaimana implementasi TPACK dalam pembelajran PAI, dan tingkat keaktifan siswa dalam pembelajran PAI dengan model TPACK di SMK 5 dan MAN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriftip dan komparatif. Metode deskriftif ialah sebuah metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, sedangkan komparatif adalah penelitian yang menggunakan teknik membandingkan suatu objek dengan objek lain. Dalam penelitian ini diketahui bahwa SMK 5 dan MAN 2 Mataram telah menerapkan pembelajaran berbasis TPACK namun memiliki beberapa perbedan yaitu, 1. Perbedaan dalam penerapan TPACK, di SMK 5 Mataram masih terbatas dalam akses LCD sedangkan MAN 2 Mataram memiliki LCD di masing-masing kelas, 2. MAN 2 Mataram pembelajaranya lebih pariatif akan tetapi sama-sama telah menggunakan media dalam pembelajaran seperti HP dan Internet.  Dengan demikian pembelajaran berbasis TPACK tergantung kemampuan guru dalam mengintegrasikan tiga komponen yaitu TK, PK dan CK.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...