Kebakaran merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Rendahnya pengetahuan mitigasi seringkali menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan media puzzle. Penelitian bertujuan untuk menganalisis penggunaan media puzzle untuk meningkatkan pengetahuan mitigasi kebakaran pada karyawan industri roti. Penelitian menggunakan rancangan pre-test and post-test with control group, dilakukan di dua industri roti berbeda. Penyuluhan dengan media puzzle pada kelompok ekperimen (n=21), dan media ceramah untuk kelompok kontrol (n=17). Seluruh karyawan diikutkan dalam penelitian (N=38). Data dianalisis dengan Wilcoxon Sign Rank test dan Mann-Whitney test, pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rata-rata nilai pengetahuan pada kelompok eksperimen, dari 9,24 menjadi 13,52, atau sekitar 46,4%. Pada kelompok kontrol, dari 9,24 menjadi 12,53, atau 37,5%. Pada kedua kelompok, nilai pengetahuan secara signifikan berbeda antara sebelum dan sesudah perlakuan (p-value= 0,0001). Hasil analisis statistik juga menunjukkan perbedaan nilai pengetahuan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (p-value= 0,002). Nilai pengetahuan dengan media puzzle lebih besar, dibandingkan metode penyuluhan dengan ceramah. Penelitian telah membuktikan bahwa penyuluhan dengan media puzzle dapat meningkatkan pengetahuan tentang mitigasi kebaran yang lebih baik, dibandingkan dengan metode ceramah. Media puzzle menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk kegiatan penyuluhan kesehatan.
Copyrights © 2023