Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Sekolah Dasar Kelas 1 dalam mengatasis kesulitan berhitung dalam pembelajaran matematika Penelitiaan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif yang bersifat naturalistik karena penelitian dilakukan pada kondisi alamiah yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data Dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan menganalisa data melalui proses pengumpulan data, penajian data, verifkasi data dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi waktu dan triangulasi sumber yaitu dengan cara memeriksa kembali informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitiannya yaitu pada umumnya guru menggunakan benda-benda konkrit karena usia 7-11 tahun itu masa operasional konkrit, menggunakan anggota tubuh ketika menjelaskan angka juga termasuk kedalam benda konkrit dan bahkan biasanya guru menggunakan nyanyian ketika menjelaskan soal berhitung pada siswa kelas rendah terutama pada anak kelas I SD.
Copyrights © 2023