Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 1 (2023): April 2023

Analisis Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Berhitung Siswa Kelas 1 SD di Kecamatan Baros Sukabumi

Erni Nurjanah (STKIP Bina Mutiara Sukabumi)
Laelasari Laelasari (STKIP Bina Mutiara Sukabumi)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Sekolah Dasar Kelas 1 dalam mengatasis kesulitan berhitung dalam pembelajaran matematika Penelitiaan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif yang bersifat naturalistik karena penelitian dilakukan pada kondisi alamiah yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data Dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan menganalisa data melalui proses pengumpulan data, penajian data, verifkasi data dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi waktu dan triangulasi sumber yaitu dengan cara memeriksa kembali informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitiannya yaitu pada umumnya guru menggunakan benda-benda konkrit karena usia 7-11 tahun itu masa operasional konkrit, menggunakan anggota tubuh ketika menjelaskan angka juga termasuk kedalam benda konkrit dan bahkan biasanya guru menggunakan nyanyian ketika menjelaskan soal berhitung pada siswa kelas rendah terutama pada anak kelas I SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...