Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan membaca pemahamanterhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV Se-Kecamatan TanjungsariGunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakanmetode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan TanjungsariKabupaten Gunungkidul yang berjumlah 230 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 146 siswa yang diambilmenggunakan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan alatpengumpulan data tes kemampuan membaca pemahaman dan tes kemampuan menyelesaikan soal ceritamatematika. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana denganbantuan program SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Kemampuan MembacaPemahaman Siswa Kelas IV Se-Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun2013/2014 secara keseluruhan menunjukkan pada katagori sedang (X = 9,51). (2) Kemampuan Menyelesaikan SoalCerita Siswa Kelas IV SD negeri Se-Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun2013/2014 secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik (Y = 80,14). (3) Berdasarkan hasil analisis datamenunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuanmenyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD SD negeri Se-Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul DaerahIstimewa Yogyakarta Tahun 2013/2014 (Fhitung = 19,377 >Ftabel = 3,906; p = 0,000). Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, kemampuan menyelesaikan soal cerita matematikaÂ
Copyrights © 2015