Penelitian bertujuan untuk menganalisis apakah Product Quality, Emotional Attachment, Religiosity dan Customer Satisfaction berpengaruh terhadap Customer Loyalty. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang sumber datanya adalah data primer, data diambil dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 240 responden. Dalam penelitian pengambilan sampel menggunakan non-probabilitas sampling dan menggunakan Purposive Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa pengujian hipotesis pertama pada Product Quality terhadap Customer Loyalty mempunyai pengaruh positif, didukung. Hipotesis kedua menguji pengaruh Emotional Attachment terhadap Customer Loyalty hasil menunjukkan adanya pengaruh positif, didukung. Hipotesis ketiga menguji pengaruh Religiosity terhadap Customer Loyalty hasil menunjukkan tidak adanya pengaruh positif, tidak didukung. Hipotesis keempat menguji pengaruh Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty hasil menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif juga tidak didukung. Saran untuk penelitian selanjutnya ialah menambahkan lebih banyak variabel seperti experience, image, and trust dikarenakan adanya preferensi dan selera konsumen terhadap merk kosmetik yang berbeda-beda dalam memilih maupun membeli produk kosmetik halal.
Copyrights © 2023