AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2023)

Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbantu LKPD Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar

Sri Sutarni (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dina Maulita (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu LKPD berbasis HOTS terhadap hasil belajar siswa, dan pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa, serta interaksi antara model pembelajaran NHT berbantu LKPD berbasis HOTS dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control design yang merupakan penelitian eksperimen. Teknik Random Sampling digunakan untuk menentukan sampel. Sampel ditetapkan sebanyak 64 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perolehan data dianalisis menggunakan uji anova dua jalur. Hasil penelitian dikemukakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran NHT berbantu LKPD berbasis HOTS dengan hasil belajar siswa SMPN 2 Kartasura, kemudian  terdapat pengaruh aktivitas belajar tinggi, aktivitas belajar sedang, dan aktivitas belajar rendah terhadap hasil belajar matematika siswa dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran NHT berbantu LKPD berbasis HOTS dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...