AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2023)

PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PEMBAGIAN

Sri Margiani (Universitas Negeri Yogyakarta)
Ali Mustadi (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Brain based learning (BBL) merupakan model pembelajaran yang mengoptimalkan cara kerja otak untuk mendapat pengetahuan. Latar belakang penelitian ini dilakukan karena seringnya terjadi bias kepada siswa dalam menjelaskan tentang konsep matematika, dalam hal ini yaitu pada materi pembagian kelas III SD. Bias tersebut terjadi karena kurangnya pendekatan pembelajaran yang berbasis kehidupan nyata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Brain based learning dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa materi pembagian dikelas III. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Populasi penelitian ini sebanyak 42 siswa dari kelas III A dan III B. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara pursposive dengan sampel penelitian sebanyak 24 siswa. Perolehan rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen dan kontrol yaitu 25,31 dan 16,54, sehingga kelas eksperimen dengan model BBL pendekatan RME memiliki rata-rata capaian hasil belajar yang lebih tinggi. Pada uji t diperoleh nilai sig yaitu 0,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa model BBL dengan pendekatan RME memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas III materi perkalian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...