EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
Vol. 3 No. 1 (2023)

DAMPAK MEDIA QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

I WAYAN SUINDHIA (SMA Negeri 1 Petang, Bali)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

This research aims to improve student learning outcomes in physics subjects by using a Quipper School learning media. In blanded learning, the use of Quipper School is one option in learning, in an effort to improve student interest and learning outcomes. In this study, the classroom Action Research method was used through Best Practice where teachers and researchers told the best experience in solving a problem faced by educators, so as to improve the quality of learning services. The use of Quipper School as a learning medium can improve student learning outcomes. The subjects of this study were students of grade XII MIPA3 SMA Negeri 1 Petang in the odd semester of the 2020/2021 academic year. This research uses qualitative discriptive analysis methods and techniques. Data collection is carried out through learning outcome documents and questionnaires. The results of this study show that students tend to be interested in using Quipper School which is felt to be easier, more features and facilities and simple in use. Based on the results of learning physics, there is an increase. So it can be concluded that Quipper School has an impact on improving physics learning outcomes. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika dengan menggunakan media belajar Quipper School. Pada pembelajaran blanded learning, penggunaaan Quipper School merupakan salah satu pilihan dalam pembelajaran, dalam upaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan kelas melalui Best Practice dimana guru dan peneliti menceritakan pengalaman terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi oleh pendidik, sehingga mampu memperbaiki mutu layanan pembelajaran. Penggunaan Quipper School sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA3 SMA Negeri 1 Petang pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode dan tehnik analisis diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumen hasil belajar dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa cendrung tertarik dengan menggunakan Quipper School yang dirasakan lebih mudah, lebih banyak fitur dan pasilitasnya serta sederhana dalam penggunaannya. Berdasarkan hasil belajar fisika terjadi peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Quipper School berdampak meningkatkan hasil belajar fisika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan berbantuan ...