Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar (X) terhadap hasil belajar IPA (Y) siswa SD Negeri 25 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang terdiri atas 3 kelas, yaitu keals VI.A, kelas VI.B, dan kelas VI.C. Sedangkan sampelnya diambil kelas VI.A dan kelas VI.C. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan tes tulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana. Persamaan regresi yang terbentuk pada uji regresi dalam penelitian ini adalah Y = 28,840 + 0,794 X + e. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa kemandirian belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa. Nilai R square sebesar 0,248 atau 24,8% yang menunjukkan bahwa variabel hasil belajar IPA siswa dapat dijelaskan oleh variabel kemandirian belajar sebesar 24,8% sedangkan 75,2% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.
Copyrights © 2022