Gema Pendidikan
Vol 29, No 2 (2022):

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI 25 KENDARI

Lestari, Lestari (Unknown)
SUGIARTO, SIGIT (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar (X) terhadap hasil belajar IPA (Y) siswa SD Negeri 25 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang terdiri atas 3 kelas, yaitu keals VI.A, kelas VI.B, dan kelas VI.C. Sedangkan sampelnya diambil kelas VI.A dan kelas VI.C. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan tes tulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana. Persamaan regresi yang terbentuk pada uji regresi dalam penelitian ini adalah Y = 28,840 + 0,794 X + e. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa kemandirian belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa. Nilai R square sebesar 0,248 atau 24,8% yang menunjukkan bahwa variabel hasil belajar IPA siswa dapat dijelaskan oleh variabel kemandirian belajar sebesar 24,8% sedangkan 75,2% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...