Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII MIPA 9 SMA NEGERI 1 KUTA UTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN

Antari, Yuni (Unknown)
Sumandya, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Osborn pada siswa kelas XII MIPA 9 SMA Negeri 1 Kuta Utara. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan terhadap tindakan (observing), dan refleksi terhadap tindakan (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 9 SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan jumlah 38 siswa. Untuk mengukur hasi belajar matematika siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk tes uraian. Hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Osborn dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 9 SMA Negeri 1 Kuta Utara. Adapun hasil dari penelitian yang dilaksanakan adalah pada siklus I persentase siswa yang tuntas adalah 71,06% kemudian meningkat di siklus II dengan persentase ketuntasan 89,48%.

Copyrights © 2023