Jurnal Tarombo
Vol 3 No 2 Mei (2021): Jurnal Tarombo

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PERTANYAAN MENGGALI PADA SISWA KELAS VIII.3 SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020

Masniari . (SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Batang Angkola dengan subjek penelitian adalah kelas VIII.3 yang berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, pengamatan atau lembaran observasi serta instrumen-instrumen lain penunjang penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Model Pembelajaran Pertanyaan Menggali dalam pembelajaran PKn di kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Batang Angkola menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan, dimana aspek kognitif ketuntasan belajar yang dicapai siswa yaitu siklus I 63% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 96% Sedangkan ketuntasan belajar yang diperoleh siswa dari penilaian afektif pada siklus I 66% selanjutnya siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Selanjutnya dari aspek psikomotor ketuntasan belajar yang diperoleh siswa siklus I 66% dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Pertanyaan Menggali berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Batang Angkola.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tarombo

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Tarombo : adalah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Instititut Pendidikan Tapanuli Selatan yang berisi tentang hasil penelitian Sejarah, Pendidikan dan Sosial. Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk penyebaran informasi dan publikasi kajian sejarah, ...