Di era sekarang ini, bisnis keluarga (family business) memegang peranan penting terhadap pertumbuhan perekonomian, baik dalam skala nasional maupun global. Secara umum, hanya 30% bisnis keluarga yang bertahan sampai generasi ke dua, 13% yang bertahan sampai generasi ke tiga, danĀ hanya 3% di bawah generasi ke tiga (thejakartapost.com, 2019). Ada beberapa hal yang dapat di lakukan agar bisnis keluarga dapat bertahan lama, yaitu dengan membuat Misi, Visi dan Nilai-Nilai untuk bisnis keluarga tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memformulasikan Misi, Visi dan Nilai terhadap Mebel Joglo Bu Wito yang merupakan sebuah bisnis keluarga yang sudah berdiri sejak tahun 1980an. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara semi struktur, melakukan observasi dan focus group discussion (FGD). Tahapan perumusan misi dan visi berdasarkan konsep yang di sampaikan oleh Srinivasan (2014). Dengan terciptanya misi, visi dan nilai untuk Mebel Joglo Bu Wito, diharapkan dapat membantu organisasi dalam menentukan keputusan strategis apa yang harus di ambil, anggota organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien dan bisnis yang dijalankan oleh Mebel Joglo Bu Wito pun dapat berkembang pesat dan dapat mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjangnya.
Copyrights © 2022