Pelaksanaan pengembangan pendidikan karakter tidak lepas dari peran guru. Sesuaipermasalahn yang ada, rumusan penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam upayapembinaan karakter siswa sekolah dasar kelas III, hambatan, dan upaya solutif mengatasinya.Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan subjek adalah lima guru sekolah dasar.Waktu penelitian adalah sebelum pandemi Covid-19 (SDN Ploso I, 2018) dan saat pandemiCovid-19 (SDN 1 Jetiskidul, 2021). Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dandokumentasi. Selanjutnya dilakukan triangulasi dan dianalisa datanya dengan tahapan reduksidata, kemudian penyajian data, verivikasi dan penarikan simpulan. Diperoleh hasil pertamabahwa karakter siswa SD dikembangkan melalui peran guru sebagai pengasuh, teladan, danpembimbing. Kedua, guru mengalami hambatan dari faktor siswa, orang tua siswa,lingkungan, dan pengaruh media sosial. Berdasarkan hambatan tersebut dilakukan upayasolutif berupa bentuk komunikasi intensif interaktif dengan orangtua siswa, peningkatanpembiasaan, keteladanan guru, pembimbingan, dan pengondisian dalam aktivitaspembelajaran.
Copyrights © 2021