Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan media audio visual, 2) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan media gambar, dan 3) perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajarkan dengan media audio visual dan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design dengan Populasi seluruh peserta didik kelas VII SMP YPS Singkole yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 191 orang. Pemilihan sampel secara purposive sampling yaitu kelas eksperimen 32 orang dan kelas kontrol 32 orang. Hasil analisis deskriptif hasil belajar peserta didik diperoleh skor rerata pada kelas eksperimen 18,34 dan kelas kontrol 14,69. Sedangkan tingkat hasil belajar peserta didik diperoleh skor rerata pada kelas eksperimen 0,47 kategori sedang dan kelas kontrol 0,30 tergolong kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t hasil belajar di peroleh ????ℎ???????????????????? = 16,47 < ???????????????????????? = 1,66, pada taraf signifikan (α) = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak sedangkan H1 diterima dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik SMP YPS Singkole Sorowako pada pokok bahasan sistem tata surya.
Copyrights © 2023