Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH)
Vol. 2 No. 2 (2023): April 2023

Pendekatan Terintegrasi dalam Pengembangan Kurikulum Abad 21

Atik Puspita Rini (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Naufal Fikri Firmansyah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Nugraheni Widiastuti (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Yunitha Ike Christyowati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Achmad Noor Fatirul (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Perubahan paradigma dalam dunia pendidikan pada era globalisasi, terutama dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam dengan mengadaptasi kurikulum. Pembelajaran saat ini berpusat pada anak didik, menekankan pengalaman siswa secara nyata dan menganut keberagaman. Kurikulum perlu diadaptasi dengan mempertimbangkan karakteristik masing-masing lembaga, lingkungan dan ekosistem sekolah, serta kebutuhan dan karakteristik siswa di lingkungan sekolah. Dalam implementasi kurikulum abad 21, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap perubahan global dan teknologi, serta mengakomodasi kebutuhan siswa yang beragam. Studi literatur dilakukan dengan membandingkan dan menarik kesimpulan dari beberapa jurnal, buku, dan hasil penelitian terdahulu untuk mengembangkan kurikulum abad 21. Delapan jurnal digunakan sebagai studi literatur yang diambil dari rentang waktu 2020-2023. Sitasi yang digunakan adalah American Psychological Association 7th edition. Pengembangan kurikulum harus responsif terhadap perubahan global, teknologi, dan masyarakat. Dalam mengembangkan kurikulum, perlu mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang beragam dan menentukan tujuan pembelajaran yang relevan. Selain itu, pengukuran efektivitas dan kesesuaian kurikulum juga diperlukan. Kurikulum yang berkelanjutan harus mampu mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan dengan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang relevan dalam konteks global, teknologi, dan sosial. Pendekatan terintegrasi dalam pengembangan kurikulum pada abad 21 dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam masyarakat yang semakin kompleks dan terhubung. Kurikulum yang responsif harus memperhatikan perubahan global dan lokal serta mempertimbangkan tujuan pembelajaran yang relevan dan terukur untuk efektivitas dan kesesuaian kurikulum.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiph

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) adalah jurnal nasional yang berfokus kepada pengembangan ilmu pendidikan yang holistik di Indonesia. Fokus dari jurnal JIPH adalah bidang pendidikan secara umum, seperti bidang penelitian pendidikan dalam pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan ...