Dalam revolusi 4.0 mahasiswa dituntut untuk memiliki suatu keterampilan dalam menyelesaikan suatu permasalahan didunia kerja sesuai dengan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan oleh program studi PGSD. Permasalahan yang ditemui selama ini, beberapa mahasiswa kurang memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu permasalahan dalam pengerjakan soal yang diberikan oleh dosen, kebanyakan mahasiswa kurang tertarik dalam mengerjakan tugas yang berkaitan dengan perhitungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pendekatan STEM terhadap keterampilan pemecahan mahasiswa pada mahasiswa PGSD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 44 orang. Teknik analisas data yang digunakan adalah teknik statistik dengan program SPSS versi 16.00. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 20,015 > 2,176 dengan taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan STEM terhadap keterampilan pemecahan masalah pada mahasiswa. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi Dosen dalam memilih dan menggunakan strategi yang tepat sehingga mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam Matakuliah Konsep Dasar IPA Fisika di Perguruan Tinggi.
Copyrights © 2023