el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 6, No 1 (2023): el-ibtidaiy

STEM Tingkatkan HOTS (Higher Other Thinking Skills) Mahasiswa PGSD Pada Matakuliah Konsep Dasar IPA Fisika

Eni Marta (STKIP Rokania)
Hasrijal - (STKIP Rokania)
Sari Angreani (STKIP Rokania)
Nora Yulianti (STIKIP Rokania)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Dalam revolusi 4.0 mahasiswa dituntut untuk memiliki suatu keterampilan dalam menyelesaikan suatu permasalahan didunia kerja sesuai dengan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan oleh program studi PGSD. Permasalahan yang ditemui selama ini, beberapa mahasiswa kurang memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu permasalahan dalam pengerjakan soal yang diberikan oleh dosen, kebanyakan mahasiswa kurang tertarik dalam mengerjakan tugas yang berkaitan dengan perhitungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pendekatan STEM terhadap keterampilan pemecahan mahasiswa pada mahasiswa PGSD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 44 orang. Teknik analisas data yang digunakan adalah teknik statistik dengan program SPSS versi 16.00. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic sederhana.  Hasil  penelitian  menunjukkan  nilai  thitung  lebih  besar  dari  ttabel  yaitu 20,015 > 2,176 dengan taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan STEM terhadap keterampilan pemecahan masalah pada mahasiswa. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan  dapat  menjadi  bahan  evaluasi dan masukan bagi Dosen dalam  memilih  dan  menggunakan  strategi  yang  tepat  sehingga  mampu  meningkatkan kemampuan  memecahkan  masalah  dalam  Matakuliah Konsep Dasar IPA Fisika di Perguruan Tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...