Jurnal SOLMA
Vol. 12 No. 1 (2023)

Pendampingan Desain Tugas Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Rais bagi Guru-Guru Bahasa Inggris yang Menempuh Studi Magister

Yudhi Arifani (Universitas Muhammadiyah Gresik, Jl. Sumatera No.101, Gn. Malang, Randuagung, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia, 61121)
Sri Suryanti (Universitas Muhammadiyah Gresik, Jl. Sumatera No.101, Gn. Malang, Randuagung, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia, 61121)
Like Ayu Saputri (Universitas Muhammadiyah Gresik, Jl. Sumatera No.101, Gn. Malang, Randuagung, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia, 61121)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Selama ini desain tugas pembelajaran bahasa Inggris yang disedain oleh para guru-bahasa Inggris sifatnya rutinitas sehinga tidak dapat membantu optimalisasi kemampuan bahasa Inggris para seserta didik. Program pengabdian masyarakat ini diimplementasikan untuk membantu peningkatan profesionalisme para guru bahasa Inggris yang sedang menempuh program magister pendidikan bahasa Inggris dari berbagai sekolah di Jawa Timur ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mendesain tugas pembelajaran bahasa inggris berbasis relevance, authentic, ill-structure, dan solveable (RAIS). Metode: Melalui metode FGD, pendampingan, dan workshop penyusunan tugas Bahasa Inggris ini di laksanakan selama satu semester yang diikuti oleh 48 guru Bahasa Inggris dari berbagai sekolah. Hasil: Adapun hasil yang diperoleh yaitu terpahaminya konsep RAIS, dan dihasilkanya berbagai model tugas pembelajaran Bahasa Inggris berbasis RAIS yang sudah diimplementasikan diberbagai sekolah di Jawa Timur. Peningkatan kompetensi guru terhadap desain tugas, perlu untuk terus dilakukan secara kontinu, mengingat pentingnya peran tugas dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...