Journal of Psychological Science and Profession
Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess

PENGARUH E-WOM TERHADAP PURCHASE INTENTION MAHASISWA PADA PRODUK BEAUTY BRAND

Abigail Ruth Deborah Sinurat (Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran)
Shafia Islaha (Unknown)
Michelle Astari Rumiris (Unknown)
Nadira Alfayza (Unknown)
Putri Nadhira Azka (Unknown)
Trifena Angelina Erawan (Unknown)
Salsabilla Utami Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari e-WOM terhadap purchase intention mahasiswi pada produk beauty brand. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan rancangan between participant pre-test dan post-test. Digunakan alat ukur dari Iswara dan Jatra (2017) untuk mengukur purchase intention dengan dasar teori Schiffman dan Kanuk (2007). Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dengan jumlah 116 partisipan. Melalui uji Wilcoxon, didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan (z = -2,160, p = .31) antara skor purchase intention yang diberikan partisipan kelompok kontrol pada pre-test (M = 12.69, SD = 3.51) dan post-test (M = 13.22, SD = 3.61). Namun, terdapat perbedaan yang signifikan (z = -4,927, p < .05*) antara skor purchase intention yang diberikan partisipan kelompok eksperimen pada pre-test (M = 12.62, SD = 3.79) dan post-test (M = 14.55, SD = 3.59). Hal ini mengimplikasikan bahwa terdapat pengaruh dari e-WOM terhadap purchase intention mahasiswi pada produk beauty brand.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpsp

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Health Professions Social Sciences

Description

Aim: Jurnal ini memuat artikel ilmiah hasil penelitian yang terkait dengan keilmuan dasar psikologi dan penerapannya dalam keprofesian Psikolog. Scope: Adapun bidang psikologi yang termasuk di dalamnya yaitu Psikologi Klinis baik dewasa, anak maupun remaja, Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi ...