Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora
Vol. 2 No. 3 (2022): September : Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

Strategi Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa di MA An-Nur Tebing Suluh Kec. Lempuing

Kris Setyaningsih (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Ibrahim Ibrahim (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Fitriana Devi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini melihat metode kepala sekolah untuk mendorong siswa bekerja lebih keras di Ma An-Nur Tebing Suluh Kec. Lempuing. Kurangnya dorongan dan motivasi siswa, beberapa guru dan siswa yang terus tidak mematuhi kebijakan dan program, infrastruktur yang tidak memadai, dan semua faktor ini berkontribusi pada lambatnya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kepala sekolah mendorong siswa untuk meningkatkan prestasi akademik mereka. Dalam penelitian ini, metodologi penelitian deskriptif kualitatif digunakan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah verifikasi, pernyataan ulang, atau pengurangan data yang diperoleh, kesimpulan disajikan. Hasil penelitian ini menyarankan agar kepala sekolah dapat meningkatkan prestasi akademik siswa dengan cara aktif mendorong mereka untuk mengikuti kontrol dan kunjungan kelas, membudayakan pola hidup sehat, meningkatkan minat membaca, meningkatkan prestasi belajar, membangun hubungan kerjasama, menyebarluaskan informasi pendidikan, dan meningkatkan kemampuan kognitif mereka. psikomotor dan afektif mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Khatulistiwa

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Akademi Veteran Purwokerto. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, ...