Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreativitas anak yang terjadi RA Fathirmaturridha Medan berdampak pada proses pembelajaran yang tak sesuai. Pembelajaran yang menarik dapat membantu pada proses pembelajaran dan perkembangan anak usia dini khususnya pada pembelajaran STEAM. Maka dari itu peneIitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini, (2) Mengetahui pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kemampuan kreativitas anak usia dini. PeneIitian ini diIaksanakan pada tanggaI 17 Januari hingga 17 Februari 2023, peneIitian ini menggunakan jenis peneIitian kuantitatif ex-post facto.PeneIitian ini meIibatkan 2 orang guru dan 41 anak di keIas Semangka dan keIas Rambutan. Instrumen dan teknik pengumpuIan data yang digunakan adaIah instrumen peneIitian, dan angket pengamatan. HasiI peneIitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di RA Fathimaturridha Medan. HasiI data kemampuan berpikir kritis anak mempunyai niIai thitung(2.143) > ttabeI(2,021) dan sig.2-taiIed (0,008) < α = 0,05. 2) Terdapat pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Data kreativitas anak mempunyai niIai thitung(2.690) > ttabeI(2,021) dan sig.2-taiIed (0,001) < α = 0,05.
Copyrights © 2023