SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol. 9 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

STUDI LITERATUR: TEORI READER RESPONSE SEBAGAI ALTERNATIF METODE SASTRA

Indra Rasyid Julianto (Universitas Negeri Semarang)
Yusro Edi Nugroho (Universitas Negeri Semarang)
Teguh Supriyanto (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2023

Abstract

Pembelajaran sastra di sekolah-sekolah tentu tidak terlepas dari berbagai macam teori seperti teori psikoanalisis, feminisme, strukturalisme, dan lain sebagainya. Khususnya pembelajaran sastra yang hari ini merupakan suatu pembelajaran yang menarik karena banyak merepresentasikan kehidupan sosial bermasyarakat. Sastra juga dapat dimaknai sebagai aktivitas kultural yang sangat dekat perasaannya dengan seseorang. Metode sastra lain yang dapat menjadi alternatif yaitu teori reader response atau teori resepsi pembaca yang memiliki subjektivitas tinggi dan membebaskan pembaca dalam memaknai beragam karya sastra tanpa batas. Teori reading response menjadi alternatif bagi siswa dalam mempelajari karya sastra di sekolah sebab adanya beberapa tipe-tipe pembaca yang dapat melandaskan lahirnya pemahaman dari hasil pembacaan karya sastra. Teori reading response ini juga dapat memberikan siswa kemudahan dalam berinteraksi dengan karya sastra berdasarkan perspektif pribadinya, mengatur gagasan, mengurangi tingkat kecemasan dalam menginterpretasikan karya sastra, dan mempertajam pemikiran kritis. Metode penelitian pada pembahasan ini adalah studi literatur dengan menggunakan lima artikel nasional yang menjadi fokus referensi untuk mengaplikasikan teori resepsi pembaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sinau

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora (ISSN: 2461-1425 E-ISSN : 2685-1679 ) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada kajian dan penelitian di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora di Indonesia. Fokus pembahasannya mencakup Seputar Pendidikan, Penelitian tindakan Kelas, Ilmu Sejarah, Pendidikan ...