Wildan
Vol. 1 No. 1 (2022): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS II MI AL-FIRDAUS TELAGA MAS KOTA BEKASI

Noer Afni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas II . penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Firdaus Telaga Mas Kota Bekasi dari bulan Agustus sampai bulan September 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan korelasi dengan populasi dan sampel dengan jumlah yang sama sebanyak 28 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner (angket) menggunakan Skala Likert dan dikalibrasi dengan uji validasi. Uji validasi dihitung dengan memakai Expert judgement dan uji koefisien korelasi.Hasil penelitian ini menggunakan bantuan Ms.Excel. uji hipotesis melalui uji koefisien korelasi dan didapatkan hasil sebesar 0,970 > 0,374 menunjukan ada hubungan positif yang signifikasi antara dua variabel. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh sebesar 53,084 > 2,056 sehinga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan determinasi 94,09% prestasi belajar Al-Qur’an Hadits di pengaruhi oleh minat belajar dan 05,91% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wildan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Wildan publishes research articles, case reports and review articles. Publications on Wildan cover the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs Education. ...