PAMARENDA : Public Administration and Government Journal
Vol 2, No 1 (2022): Edisi Juli

Meningkatkan Pelayanan Urusan Haji Bagi Masyarakat : Strategi Kementerian Agama Kota Kendari

Firman Azis (Universitas Halu Oleo)
Muh Amir (Universitas Halu Oleo)
Tanzil Tanzil (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Artikel ini bertujuanĀ  untuk mengatahui strategi kementrian agama Kota Kendari dalam upaya meningkatkan pelayanan urusan haji kepada masyarakat. Dan untuk mengatahui kegiatan pelaksanaan kementrian agama Kota Kendari dalam pelaksanaan pelayanan urusan haji kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan. Penelitian ini dilaksanakan pada Kementrian Agama Kota Kendari Sulawesi tenggara. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yaitu, Kepala bagian Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kepala bagian Bimbingan Masyarakat Islam, Kepala Bagian Tata Usaha. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Kementrian Agama dalam meningkatkan pelayanan urusan haji kepada masyarakat terlihat cukup efektif, hal ini dikarenakan dalam proses pelayanan pendaftaran haji sudah menggunakan system online jadi untuk akses pendaftaran lebih mudah dan cepat meskipun ada sedikit masalah dalam waktu tunggu keberangkatan haji yang cukup lama. Adapun kegiatan pelaksanaan Kementrian Agama Kota Kendari dalam pelayanan urusan haji kepada masyarakat yang meliputi : 1)Administrasi, 2)Transportasi, 3)Akomodasi, 4)konsumsi, 5)Kesehatan.Kata kunci : Pelayanan, Haji, Strategi, Kementerian Agama

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pamarenda

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

PAMARENDA: Public Administration and Government Journal is a peer-reviewed journal published by the Department of Government Science, Faculty of Social and Political Science, Universitas Halu Oleo. Published three times a year in March, July, and November. PAMARENDA: Public Administration and ...