Jurnal Ground Handling Dirgantara
Vol 5 No 02 (2023): Ground Handling Dirgantara

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG WINGS AIR DI BANDAR UDARA SULTAN MUHAMMAD SALAHUDDIN BIMA

Rahmadani, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Transportasi udara merupakan salah satu urat nadi perekonomian suatu bangsa. Pengembangan transportasi udara yang berkelanjutan menjadi tugas pemerintah dalam meningkatkan perekonomian rakyat. Hal ini dapat menjadi sebuah peluang yang memiliki potensi yang sangat besar, karena saat ini orang tidak ingin mengambil waktu lama dalam berpergian melintasi pulau di Indonesia dan saat ini kebanyakan orang memilih menggunakan jasa transportasi yang nyaman dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di tempat tujuan. Pada maskapai Wings Air terdapat kasus-kasus insiden penerbangan yang dapat membuat persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan industri penerbangan Wings Air yang memburuk. Beberapa kasus tersebut yaitu delay puluhan,hilangnya koper, pembatalan pemberangkatan penumpang pengguna Wings Air, tidak cepat tanggap dalam merespon permasalahan/keluhan penumpang,tidak cepat tanggap penumpang yang butuh bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh harga terhadap kepuasan penumpang di Bandar udara sultan Muhammad salahuddin bima, (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap terhadap kepuasan penumpang di Bandar udara sultan Muhammad salahuddin bima, (3) pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang di Bandar udara sultan Muhammad salahuddin Bima. (4) Untuk menganalisis seberapa besar pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang Wings Air di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, (2) kuaitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, (3) harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan penumpang wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Variabel kepuasan penumpang di pengaruhi variabel harga dan kualitas pelayanan sebesar 35,0%% dan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variasi variabel dalam penelitian ini. (4) besar pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang Wings Air di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima sebesar 35%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jgh

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Transportation Other

Description

Jurnal Ground Handling Dirgantara ini diterbitkan untuk mengembangkan kajian dibidang kedirgantaraan khususnya untuk pelayanan dari staff ground di bandara, maupun bidang lain seperti kepariwisataan dan public relation. Jurnal Ground Handling Dirgantara mempublikasikan artikel-artikel kajian ...