JS (Jurnal Sekolah)
Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PENANAMAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Siska Fitriani Puspita (Prodi PGSD FIP Universitas PGRI Semarang)
Fine Reffiane (Prodi PGSD FIP Universitas PGRI Semarang)
Choirul Huda (Prodi PGSD FIP Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Penanaman Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Rejosari 03 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 25 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest), wawancara, dan observasi. Berdasarkan analisis uji t diketahuithitung lebih dari ttabel yaitu 181,4412 > 2,060 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD dalam pembelajaran IPA pada tema ekosistem berpengaruh terhadap penanaman pemahaman konsep siswa kelas V SDN Rejosari 03 Semarang. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Tema Ekosistem, Pemahaman Konsep

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...