Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Penanaman Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Rejosari 03 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 25 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretest-posttest), wawancara, dan observasi. Berdasarkan analisis uji t diketahuithitung lebih dari ttabel yaitu 181,4412 > 2,060 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD dalam pembelajaran IPA pada tema ekosistem berpengaruh terhadap penanaman pemahaman konsep siswa kelas V SDN Rejosari 03 Semarang. Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Tema Ekosistem, Pemahaman Konsep
Copyrights © 2018