JS (Jurnal Sekolah)
Vol 5, No 1 (2020): DESEMBER: 2020

PSIKOEDUKASI DALAM MENGATASI ADIKSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD SATHYA SAI DENPASAR

Shendy Prayogo (Fakultas Psikologi Universitas Surabaya)
Arvela Adelinne (Fakultas Psikologi Universitas Surabaya)
Daisy Maria Trigno (Fakultas Psikologi Universitas Surabaya)
Putu Murali Sukma (Fakultas Psikologi Universitas Surabaya)
Theresia Vania Oktaviani (Fakultas Psikologi Universitas Surabaya)
Lena Nessyana Pandjaitan (Fakultas Psikologi Universitas Surabaya)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2021

Abstract

Abstract: The purpose of this psychoeducation about social media usage is to understand the benefits, impact and dangers of social media addiction and also provide ways to use media social wisely. The research design used was descriptive study. This psychoeducation is given to fourth grade students of SD Sathya Sai Denpasar, consisting of 20 students with a total of 11 female students and 9 male students with an age range of 9-10 years. Based on the result of this psychoeducation, students responded through the given padlets and showed that the students knew more about the benefits and impacts of social media.Keyword: psychoeducation, social media, addictionAbstrak: Tujuan dari pemberian psikoedukasi mengenai penggunaan media sosial ini yaitu untuk memahami manfaat, dampak, dan bahaya dari kecanduan media sosial serta memberikan tips untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Desain penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif. Psikoedukasi ini diberikan kepada siswa kelas IV SD Sathya Sai Denpasar, terdiri dari 20 murid dengan jumlah 11 orang siswa perempuan dan 9 orang siswa laki-laki dengan rentang umur 9-10 tahun. Berdasarkan hasil psikoedukasi, siswa/i memberikan respon melalui padlet yang diberikan dan menunjukkan bahwa para siswa/i mengetahui lebih banyak manfaat dan dampak dari media sosial.Kata Kunci: psikoedukasi, medial sosial, adiksi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...