Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 3 No 4 (2022): EDU RESEARCH

IMPLEMENTASI METODE DRILL DAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENGATASI GANGGUAN VOLALISASI ANAK MELALUI MEMBACA AL-QUR’AN

Nuzmi Sasferi (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Metode menyangkut masalah cara kerja untuk memakai objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Metode adalah cara atau prosedur yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. TPA Sebukar Kabupaten Kerinci mengimplementasikan metode belajar Al-Qur’an yaitu metode drill dan metode an-nahdliyah. Tujuan penelitian ini untuk melihat implementasi metode tersebut dalam mengatasi gangguan vokalisasi anak melalui membaca Al-Qur’an yang diterapkan di TPA Sebukar Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah jenis data deskriptif kualitatif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teorinya dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode drill dan metode an-nahdliyah yang diterapkan di TPA Sebukar Kabupaten Kerinci baik untuk diterapkan karena kedua metode itu sangat mudah dipahami oleh peserta didik dan peserta didik tahu maksud dari metode yang diimplementasikan oleh guru TPA nya. Dan dengan adanya metode drill dan metode an-nahdliyah yang diterapkan oleh TPA Sebukar Kabupaten Kerinci membuat peserta didik suka untuk belajar Al-Qur’an.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...