Artikel ini merupakan analisis bibliometrik artikel ilmiah mengenai inovasi kebijakan sektor pendidikan pada masa pandemi yang dipublikasikan dalam jurnal terindeks Scopus. Analisis bibliometrik konten publikasi dalam database Scopus dilakukan pada jurnal Berbahasa Inggris yang mengandung kata kunci “innovation policy” dan “education” dengan limitasi subjek area “social sciences” dan “decision sciences”dalam kurun waktu 2020 hingga 2023 yang selanjutnya divisualisasikan dengan menggunakan VOSviewer. Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dan jauh perkembangan artikel ilmiah tentang inovasi kebijakan dengan mengkonstruksi dan memvisualisasi data yang didapatkan dari Scopus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat sebanyak 44 artikel dengan tren yang terus menurun dari tahun ke tahun. Sebaran publikasi menemukan adanya 7 penulis dengan 21 jaringan yang kuat dalam satu cluster yang sama. Selain itu, kata kunci yang paling banyak digunakan dan jaringan paling kuat terletak pada kata “innovation” dengan 13 kemunculan dan “innovation policy” dengan 12 kemunculan. Kata Kunci: Bibliometrik, Scopus, VOSviewer Inovasi Kebijakan
Copyrights © 2023