JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 2 No. 9: April 2023

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CAMPURAN SISWA KELAS IV SDN KARET 04 PAGI KECAMATAN SETIABUDI

Intana Monalisa (Universitas Negeri Jakarta)
Irma Mutiasya (Universitas Negeri Jakarta)
Meazza Ratry Aryaningrum (Universitas Negeri Jakarta)
Arita Marini (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk; faktor yang menyebabkan dan upaya mengatasi kesulitan belajar matematika materi operasi hitung campuran siswa kelas IVB di SDN Karet 04 Pagi. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini yaitu kepala Madrasah, guru matematika dan siswa kelas IVB yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan (1) bentuk kesulitan belajar matematika materi operasi hitung campuran yaitu siswa sulit menghitung saat mengerjakan latihan, memahami simbol; memahami konsep dan menuliskan hasil penjumlahan bilangan. (2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi operasi hitung campuran yaitu faktor internal seperti konsentrasi belajar tidak bertahan lama, kemampuan mengingat beberapa siswa rendah, siswa berkesulitan dalam memahami maksud soal dan kesulitan menghitung. Faktor eksternalnya seperti guru dalam memberikan pemahaman terlalu cepat, tidak menggunakan media dan siswa yang sering berbicara pada saat guru menjelaskan. (3) upaya untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu diadakannya bimbingan belajar, mengadakan remedial untuk yang nilainya rendah, mengubah metode yang digunakan, memberi motivasi dan nasehat, menggunakan media yang sesuai materi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...