Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran seni budaya siswa kelas IX di SMP Negeri 15 Palembang. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari Mulyasa dalam buku guru yang profesional, teori ini menjelaskan mengenai cara-cara guru dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari variasi pembelajaran yang didalamnya terdapat variasi gaya mengajar, variasi media pembelajaran dan variasi pola interaksi. Metode penilitian adalah metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Setelah pengumpulan data dilakukan dan data yang sudah dianalisis, maka terdapat hasil penelitian dan pembahasan yang dapat disimpulkan bahwa variasi keterampilan guru di SMP negeri 15 Palembang terutama pada pembelajaran seni budaya pada siswa kelas IX sudah berjalan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan hasil yang diterima oleh para siswa juga maksimal. Kata Kunci: . Kata kunci: keterampilan variasi, variasi pembelajaran, hasil belajar
Copyrights © 2023