Komunikasi interpersonal merupakan aspek penting dalam kehidupan sosial manusia, terutama bagi peserta didik yang sedang membangun jaringan sosialnya di lingkungan sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik, dengan memfokuskan pada beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan tersebut, seperti lingkungan sosial sekolah, lingkungan keluarga, dan teknologi media sosial. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif terhadap peserta didik SMA/sederajat. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari 8 item yang terkait dengan aspek pengaruh perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial yang kondusif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara interpersonal. Selain itu, teknologi seperti media sosial juga memengaruhi perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu banyak penggunaan teknologi dapat memengaruhi kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara langsung. Selain itu, perkembangan kognitif peserta didik juga memengaruhi perkembangan komunikasi interpersonal, dengan kemampuan memahami bahasa dan penggunaan kosakata yang lebih baik dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif.
Copyrights © 2023