EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Penilaian Kualitas Kepemimpinan Pendidikan

Muchtarom Muchtarom (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
Ai Sumarni (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
Firman Firman (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
Nur Sobarie (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas kepemimpinan pendidikan. Kepemimpinan pendidikan sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tanpa adanya manajemen yang baik, pendidikan tidak akan tercapai dengan baik dan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian kualitas kepemimpinan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode library research, yaitu studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan 1) Penilaian kualitas kepemimpinan pendidikan harus mempunyai nilai-nilaiĀ  yang harus dimiliki, dengan merealisasikan nilai-nilai yang dimilki seorang pemimpin lembaga yang dia pimpin akan lebih maju sesuai dengan tujuan awal yang ingin dicapai, 2) Tipe seorang pemimpin dalam memimpin suatu lembaga sangat berpengaruh terhadap maju dan berkembangannya lembaga pendidikan tersebut, 3) Salah satunya dengan cara menentukan kriteria dan indikator seseorang dikatakan memiliki kualitas dalam kepemimpinan pendidikan, diantaranya adalah dengan pemimpin yang inovasi, inovasi mempunyai beberapa indikator dan kriteria diantaranya memahamai dan mempunyai target terukur perihal visi misi lembaga, dan juga konsisten, komitmen, bertanggung jawab, dan profesional, dan 4) Hambatan dan solusi yang harus di atasi adalah seorang pemimpin harus memahami visi, misi dan tujuan suatu lembaga dan harus dijalankan secara bersamaan. Simpulan penelitian ini adalah kualitas kepemimpinan yang baik akan meningkatkan mutu pendidikan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...