Pemasaran untuk pendidikan adalah langkah yang diperlukan untuk lembaga pendidikan untuk bersaing dengan ketatnya persaingan untuk klien. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas strategi pemasaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara langsung. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis untuk menarik kesimpulan. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, institusi pendidikan dapat bersaing lebih baik dengan rekan-rekan mereka, menciptakan minat pelanggan, dan pada akhirnya mencapai keunggulan akademik, menghasilkan sekolah yang unggul. Hasil yang ditemukan di SDN 18 Dungingi bahwa sekolah tersebut telah menerapkan strategi pemasaran marketing mix 4p yaitu produck, price, place, promotion. Dengan penerapan strategi pemasaran konsumen dapat melihat keunggulan-keunggulan yang terdapat pada SDN 18 Dungingi dan dapat menarik minat mereka menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.
Copyrights © 2023