Jurnal Peduli Masyarakat
Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Peduli Masyarakat: Maret 2022

Peningkatan Kemampuan Anak Sekolah Dasar melalui Latihan Asertif untuk Menurunkan Bullying

Tantri Widyarti Utami (Program Studi Keperawatan Bogor, Poltekkes Kemenkes Bandung)
Udi Wahyudi (Program Studi Keperawatan Bogor, Poltekkes Kemenkes Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Dimasa perkembangan anak seringkali anak mendapat perlakukan yang tidak menyenangkan, tidak adil dan tidak tepat. Tuntutan anak menjadi generasi penerus keluarga dan bangsa yang berkualitas seringkali membuat hak anak terabaikan. Bullying merupakan masalah yang banyak dialami anak sekolah . Bullying merupakan kekerasan yang dilakukan berulang kali kepada seseorang baik verbal, fisik, sosial, seksual dan cyberbullying. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah menurunnya Bullying anak sekolah dasar melalui latihan asertif. Metoda pengabdian masyarakat menggunakan ceramah, diskusi, demonstrasi dan redemonstrasi. Kegiatan yang telah dilakukan anak sekolah dasar berusia 8-11 yahun yang memiliki perilaku bullying sebanyak 23 orang diberikan latihan asertif sebanyak tujuh kali pertemuan . Hasil menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan anak SD melakukan latihan asertif 50-100% dan penurunan perilaku bullying anak SD sebesar 22-30%. Manfaat dari kegiatan ini adalah pemahaman anak sekolah dasar tentang bullying, meningkatnya kemampuan anak sekolah dasar melakukan latihan asertif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Medicine & Pharmacology Other

Description

JURNAL PEDULI MASYARAKAT merupakan jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Global Health Science Group pada volume 1 nomor 1 November 2019 dengan p-ISSN 2715-6524 dan e-ISSN 2721-9747 Jurnal ini menerima manuskrip yang berfokus pada kegiatan yang ada di masyarakat baik dalam bidang ...