Euclid
Vol 2, No 2 (2015): EDISI JULI

PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN BERBANTU CABRI 3D DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Achmad Buchori (Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang)
Lusi Rachmiazasi Masduki (Prodi Pendidikan Matematika Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu media pembelajaran berupa CDPembelajaran Berbantu Cabri 3D sehingga menghasilkan media pembelajaran yang validdan layak digunakan selama proses belajar mengajar berlangsung. Penggunaan CDPembelajaran Berbantu Cabri 3D diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa,serta dalam menggunakan CD Pembelajaran Berbantu Cabri 3D Berbasis ModelPembelajaran PBL lebih baik ataukah tidak dibandingkan dengan menggunakan ModelPembelajaran Konvensional.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitianResearch and Development.Penelitian pengembangan menggunakan modifikasi model 4-D dengan tahap define(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate(penyebaran). Dan dalam penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalahkelas X SMA Negeri 1 Semarang, dipilih dua kelas, kelas X H sebagai kelas eksperimendan kelas X F sebagai kelas kontrol.Hasil uji coba lapangan menunjukkan thitung> ttabel yaitu 1,83 > 1,67 maka, hipotesisH0 ditolak,sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan CDPembelajaran berbantu Cabri 3D berbasis Model Pembelajaran PBL (Problem BasedLearning) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajarankonvensional di SMA Negeri 1 Semarang pada materi Segiempat dan Segitiga.Kemudianjuga dari data analisis awal rata-rata nilai matematika di kelas ekperimen adalah 65,47meningkat menjadi 79. Hal tersebut menunjukkan bahwa CD Pembelajaran berbantuCabri 3D berbasis Model Pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci :CD Pembelajaran, Software Cabri 3D, Model Pembelajaran PBL

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...