Euclid
Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS WOLFRAM MATHEMATICA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER

Aryo Andri Nugroho (Universitas PGRI Semarang)
Lukman Harun (Unknown)
Noviana Dini Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar mahasiswapendidikan matematika semester 2 tahun 2014/2015 Universitas PGRI Semarangdengan menggunakan bahan ajar berbasis wolfram mathematica pada mata kuliahaljabar linear.Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental. Populasi dalampenelitian ini adalah mahasiswa semester 2 tahun 2014/2015. subjek penelitian initerdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan subyekpenelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian yaitukreativitas dan prestasi belajar. Cara pengambilan data dengan observasi dan tesprestasi belajar.Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa pembelajaran denganmenggunakan bahan ajar berbasis wolfram mathematica pada mata kuliah aljabarlinear melalui uji statistika memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan belajarlebih dari 65 yaitu 73,09 dan kreativitas mempunyai pengaruh terhadap hasilbelajar sebesar 17,5%. Selain itu, kelas eksperimen mempunyai rata-rata sebesar73,09 dan kelas kontrol mempunyai rata-rata sebesar 62,81. Dengan demikian,kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.Keyword: wolfram mathematica, Aljabar linear, bahan ajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...