Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan manajemen modal manusia (human capital management) dalam pemberdayaan dosen STIKES Panti Rapih Yogyakarta melalui fungsi-fungsi manajemen yaitu Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengontrolan dan evalusi yang dikaji dalam proses rekruitmen, pembinaan dan evaluasi/penilian kinerja dosen; dan (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan dosen STIKES Panti Rapih. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah para dosen STIKES Panti Rapih Yogyakarta. Pendekatam dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Pengolahan data menggunakan tahapan penelitian oleh Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa STIKES Panti rapih Yogyakarta mengimplementasikan komponen human capital dan model-model pemberdayaan dalam manajemen modal manusia (human capital management) dimulai dari: (1) perencanaan penyiapan dosen sebagai human capital dalam proses perekrutan, seleksi, penempatan, pembinaan dan pengembangan professional, penilian kinerja dosen dan kompensasi yang yang dilakukan secara transparan dan akutabel; dan (2) pengorganisasaian dosen sebagai human capital, (3) pelaksanaan pemberdayaan dosen sebagai human capital dan (4) evaluasi human capital dalam pemberdayan. Adapun faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan disadari oleh institusi maupun para dosen tetaplah ada, baik internal maupun eksternal, namun dengan manajemen yang baik hambatan tersebut dapat diminimalisir
Copyrights © 2023