Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini, masih rendahnya tingkat kemampuanberpikir kritis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untukmeningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah pendekatan inquiry/discovery.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatankemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery dalampembelajaran matematika, serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaranmatematika dengan penggunaan pendekatan inquiry/discovery. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Controlgroup pretes-postes. Penelitian dilaksanakan di SMPN 31 Bandung. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 31 Bandung. Sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagaikelas kontrol yang dipilih secara random kelas. Kelas eksperimen diberikan perlakuandengan pendekatan inquiry/discovery dan kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajarankonvensional. Adapun instrumen yang digunakan adalah berupa tes berpikir kritis untukmelihat kemampuan berpikir kritis yang telah diujicobakan dan angket untuk melihatrespon siswa. Dalam penelitian ini diperoleh data kualitatif dan data kuantitatif. Datakuantitatif dianalisis menggunakan analisis statistik uji t untuk melihat peningkatankemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery dalampembelajaran matematika. Data kualitatif dianalisis menggunakan skala sikap Likertuntuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penggunaanpendekatan inquiry/discovery. Berdasarkan analisis hasil tes berpikir kritis diperolehkesimpulan yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pendekataninquiry/discovery..Kata kunci: pendekatan inquiry/discovery, pembelajaran matematika, dan berpikir kritissiswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016