Artikel ini bertujuan untuk membahas pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan Islam dalam menanggapi tantangan era Industri 4.0. Metode penulisan artikel ini adalah dengan melakukan studi literatur dan analisis data untuk mendapatkan gambaran tentang dampak Industri 4.0 pada pendidikan Islam dan keterampilan yang dibutuhkan oleh guru sebagai SDM Pendidikan Islam. Selain itu, artikel ini juga membahas model pengembangan SDM guru Pendidikan Islam yang tepat untuk era Industri 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan era Industri 4.0 memerlukan SDM Pendidikan Islam yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang berbeda dengan era sebelumnya, seperti keterampilan teknologi dan keterampilan sosial. Oleh karena itu, model pengembangan SDM guru Pendidikan Islam yang tepat harus memperhatikan pengembangan keterampilan tersebut melalui evaluasi diri, kerjasama dengan institusi atau lembaga lain, pengembangan keterampilan teknologi, pengembangan keterampilan sosial, dan pengembangan pembelajaran berkelanjutan. Dengan menerapkan model pengembangan SDM guru Pendidikan Islam yang tepat, diharapkan guru Pendidikan Islam dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era Industri 4.0.Â
Copyrights © 2023